27 Mei 2009

Tahfizh Al Qur'an

Menjadi seorang hafidz adalah sebuah harapan, impian dan cita-cita mulia. Seorang hafidz, juga disebut Rasulullah sebagai keluarga Allah dan orang yang diberi keistimewaan tersendiri.[1] Oleh karena itu, sejarah telah menggambarkan, betapa antusiasnya para sahabat dalam menghafal Al Qur’an, berbagai cara dilakukan, agar kemuliaan Al Qur’an tertambat ke dalam ingatannya, mulai dari mengulang ayat demi ayat, melantunkan siang-malam, dan membacanya dalam setiap rakaat shalat.
Sampai saat ini, semua aspek yang bersumber dari Al Qur’an senantiasa di kaji dan dikembangkan, baik dari segi teks, bacaan, tulisan, i’jaz maupun kandungannya yang mencakup berbagai bidang keilmuan. Ini adalah salah satu bentuk apresiasi bahwa Al Qur’an dari generasi ke generasi selalu dihafal dan terjaga dalam dada para huffazh Al Qur’an.
Lima belas (15) abad yang lalu Al Qur’an diturunkan, sungguh luar biasa, dari waktu ke waktu jumlah huffadz Al Qur’an semakin meningkat seiring dengan bertambahnya Ma’had Tahfidz Al Qur’an. Ternyata, Al Qur’an yang berbahasa Arab dengan ketebalan 600 halaman, 114 surah dan setebal 30 juz itu, telah dimudahkan oleh Allah untuk dihafalkan
[2], bukan hanya oleh bangsa Arab, tetapi seluruh ummat manusia.

Fungsi dan Fadhilah Tahfizh Al Qur’an
Pada zaman Nabi, materi utama ilmu yang dipelajari oleh para sahabat adalah Al Qur’an, baru kemudian hadits. Tolok ukur keilmuan seorang sahabat pada masa itu adalah sejauh mana seseorang menguasai Al Qur’an, baik dari segi hafalan maupun pemahaman kandungannya. Seseorang yang menguasai Al Qur’an disebut Qurra’ dan memperoleh kehormatan yang lebih tinggi di banding yang lain.
Kedudukan qurra’ yang demikian pada masa berikutnya biasa disebut sebagai fuqaha atau ulama. Ketika Nabi hendak mengirim seorang utusan ke suatu wilayah, maka beliau akan memilih sahabat yang paling banyak hafalan Al Qur’annya. Begitu juga untuk memimpin shalat jama’ah. Ketika seorang sahabat hendak menikahi seorang wanita, Nabi menikahkannya dengan mahar hafalan Al Qur’an.
Bahkan ketika hendak mengubur syuhada’ Uhud, Nabi memerintahkan untuk mendahulukan sahabat yang paling banyak hafalannya.
Melalui beberapa hadits, Rasaulullah menyatakan keutamaan huffatdz, diantaranya:
1. Mereka Adalah Keluarga Allah
“Dari Anas, Ia berkata bahawa Rasulullah bersabda; “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga diantara manusia.” Kemudian Anas bertanya: “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?. Rasulullah menjawab: “Mereka adalah ahli Qur’an (orang yang membaca atau menghafal Al Quran dan mengamalkan isinya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.”
[3]
2. Mereka Tempatkan di Surga yang Paling Tinggi
“Daripada Abdullah Bin Amr Bin Al ‘Ash ra dari Nabi beliau bersabda; Diakhirat nanti para ahli Al Quran di perintahkan, “Bacalah dan naiklah ke surga. Dan bacalah Al Quran dengan tartil seperti engkau membacanya dengan tartil pada waktu di dunia. Tempat tinggalmu di surga berdasarkan ayat yang paling akhir yang engkau baca.”
[4]
3. Hati Penghafal Al Quran Tidak Di Siksa
“Dari Abdullah ibn Mas’ud, Rasulullah bersabda: “Hafalkan Al Quran, kerana Allah tidak akan menyiksa hati orang yang hafal Al Quran. Sesungguhanya Al Quran ini adalah hidangan Allah, siapa yang bersamanya, ia pasti aman. Dan hendaklah ia bergembira dengan hafalan Al Quran.”
[5]
4. Mereka Lebih Berhak Menjadi Pemimpin & Imam Dalam Shalat
“Dari Abdullah ibn Mas’ud, Rasulullah bersabda; “Yang paling berhak menjadi imam dalam shalat suatu kaum hendaknya yang paling banyak hafalan Al Qurannya.”
[6]
5. Mendapat Kehormatan yang Lebih Tinggi Dari Rasulullah
“Dari Jabir ibn Abdillah, Bahawa Rasulullah menyatukan dua orang yang gugur dalam perang uhud dalam satu liang lahad. Kemudian Nabi bertanya, “Dari mereka berdua, siapakah paling banyak hafal Al Quran?” Apabila ada orang yang dapat menunjukkan kepada salah satunya, maka Nabi memasukkan mayat itu terlebih dahulu ke liang lahad.”
[7]
6. Penghafal Al Quran Akan Memakai Mahkota Kehormatan
“Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Orang yang hafal Al Quran nanti pada hari kiamat akan datang dan Al Quran akan berkata; “Wahai Tuhan, pakaikanlah dia dengan pakaian yang baik lagi baru.” Maka orang tersebut di berikan mahkota kehormatan. Al Quran berkata lagi: “Wahai Tuhan tambahlah pakaiannya.” Maka orang itu di beri pakaian kehormatannya. Al Quran lalu berkata lagi, “Wahai Tuhan, ridhailah dia.” Maka Allah pun meridhai dia. Dan kepadanya di katakan; “Bacalah dan naiklah.” Dan untuk setiap ayat, ia di beri tambahan satu kebajikan.”
[8]
7. Hafal Al Quran Merupakan Bekal yang Paling Baik
“Dari Jabir bin Nufair, Rasulullah bersabda; “Sesungguhnya kamu tidak akan kembali menghadap Allah dengan membawa sesuatu yang paling baik daripada sesuatu yang berasal daripadaNya, yaitu Al Quran.”
[9]
8. Orang Tua Mereka Memperoleh Pahala Khusus
“Dari Buraidah Al Aslami, ia berkata aku mendengar Rasulullah bersabda: “Pada hari kiamat nanti, Al Quran akan menemui para penghafalnya, ketika para penghafal itu keluar dari kuburnya. Al Quran akan berwujud seseorang dan ia bertanya kepada penghafalnya: “Apakah kamu mengenalku?” Dia menjawab; “Saya tidak mengenal kamu.” Al Quran berkata; “Saya adalah kawanmu, Al Quran.” Akulah yang membuatmu kehausan di tengah hari yang panas dan membuatmu tidak tidur di malam hari. Sesungguhnya setiap pedagang akan mendapat keuntungan di belakang dagangannya dan kamu pada hari ini di belakang semua dagangan. Maka penghafal Al Quran tadi di beri kekuasaan di tangan kanannya dan diberi kekekalan ditangan kirinya, serta di atas kepalanya dipasang mahkota. Sedang kedua orang tuanya diberi dua pakaian baru lagi indah yang harganya tidak dapat di bayar oleh penghuni dunia keseluruhannya. Kedua orang tua itu lalu bertanya: “Kenapa kami di beri dengan pakaian begini?” Kemudian dijawab, “Karena kamu telah mengizinkan anakmu menghafal Al Qur’an sehingga ia hafal Al Quran.”
[10]
Fungsi lain para huffazh pada masa Nabi adalah bahwa mereka menjadi penjaga kemurnian (otentisitas) Al Qur’an. Ketika Zaid ibn Tsabit mengumpulkan Al Qur’an pada masa Khalifah Abu Bakar maupun Khalifah Utsman ibn Affan, maka sebagai dasar dari pengumpulan dan penulisan itu terdiri dari dua macam, yaitu: tulisan atau catatan yang masaih berserakan di pelepah kurma, kulit atau tulang, serta hafalan para huffazh.

Langkah Awal Menjadi Hafidz Al Qur’an
Memperbaiki bacaan, adalah prioritas utama sebelum menghafal Al Quran. Oleh karena itu, seseorang yang ingin menghafal Al Quran, maka ia wajib memperbaiki bacaannya terlebih dahulu. Sehingga kualitas hafalannya menjadi sempurna. Jangan sampai ayat-ayat atau surah yang telah ia hafalkan tersebut, ternyata panjang/ pendeknya masih bermasalah, ini akan memicu kegagalan untuk proses berikutnya. Nah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami Dasar-dasar Makharijul Huruf, Shifatnya dan Kaidah Tajwid lainnya.
[1] Ahmad dan Nasa’i dalam Al Kubra, Ibnu Majah (215), dan Al Hakim (1/556), lihat Ash Shahih Jami’ Ash Shaghir (2165)
[2] Q.S Al Qamar: 17
[3] Ahmad dan Nasa’i dalam Al Kubra, Ibnu Majah (215), dan Al Hakim (1/556), lihat Ash Shahih Jami’ Ash Shaghir (2165)
[4] Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majah
[5] At Tirmidzi, Ibnu Majah
[6] Bukhari dan Muslim
[7] Ahmad
[8] Tirmidzi, ia menilainya hadits hasan (2916), Ibnu Khuzaimah, ia menilainya sahih, serta di setujui oleh Adz Dzahabi (1/553)
[9] Ahmad dan Ibnu Majah
[10] Al Hakim, ia menilainya shahih berdasarkan syarat Muslim (1/568)
I. PROSES MENJADI SEORANG HAFIDZ AL QUR’AN
Beberapa persiapan mental yang wajib di miliki calon hafidz adalah:
1. Niat yang Ikhlas
Niat yang ikhlas merupakan kunci sukses untuk mendapatkan taufiq dalam menghafalkan Al Quran.
“Katakanlah, sesungguhnya aku di perintahkan supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepadaNya (Az Zumar: 11)
Kesalahan dalam meletakkan niat akan berdampak fatal, bukan lagi mendapatkan pahala akan tetapi justru mendapatkan murka dan adzab dari Allah.
“Tiga golongan yang pertama kali akan dihisab oleh Allah pada hari kiamat, diantaranya adalah seseorang yang telah diberi kenikmatan berupa hafalan Al Quran, maka dia di datangkan, kemudian disebutkan nikmat-nikmat yang telah diberikan kepadanya maka dia mengakuinya, lalu Allah bertanya kepadanya: Apa yang telah kamu amalkan dari nikmat-nikmat yang telah Ku berikan kepadamu berupa hafalan Al Quran? maka ia menjawab “Saya belajar, mengajar, membaca dan menghafalkannya karena mengharap ridhaMu semata” maka Allah pun mendustakanya “Engkau bohong!!, akan tetapi engkau belajar, mengajar, membaca dan menghafalnya agar dikatakan sebagai qari’, dan itu telah dikatan kepadamu. Kemudian Allah memerintahkan malaikat untuk membawa dan dilemparkannya kedalam api neraka” (HR. Muslim)


2. Menentukan Waktu yang Tepat Untuk Menghafal
Diantara yang harus di perhatikan oleh para penghafal Al Quran adalah mengenai waktu, jangan menghafal di waktu sempit, bising atau dalam keramaian, hendaklah memilih waktu yang tenang dan jiwa dalam keadaan lapang.
“Waktu yang tepat untuk membaca serta menghafal Al Quran adalah waktu menjelang subuh dan sesudah terbitnya fajar di karenakan pikiran pada waktu itu masih jernih dan tenang” Ungkap Khatib Al Baghdady.

3. Menentukan Tempat Yang Kondusif Untuk Menghafal
Memilih tempat mempunyai dampak dalam hafalan seseorang, jangan menghafal di alam terbuka, banyak pemandangan, hiasan atau lukisan.
“Hendaklah jangan menghafal dipinggir sungai dan di depan lukisan karena tempat-tempat itu dapat menghalangi kejernihan hati” kata Ibnul Qayyim Al Jauzi dalam Al Hatsu ‘alaa hifdzil ilmi.
Sedangkan, lanjutnya, tempat yang paling baik untuk menghafal adalah Masjid. Karena seseorang menjaga pintu hatinya dengan tiga hal: Mata yang tidak digunakan untuk melihat, telinga yang tidak digunakan untuk mendengar dan mulut yang selalu dijaga dari semua perkara yang diharamkan Allah, kesemuanya merupakan alat yang di gunakan untuk menghafal ayat-ayat Allah, jikalau kesemuanya selamat, maka hafalanya akan semakin bagus dan kuat, insya Allah.

4. Menggunakan Satu Mushaf
Tujuannya adalah untuk memantapkan hafalan. Karena menghafal ibarat merekam, apabila saat merekam terdapat suara-suara ‘lain’, maka semua akan ikut terekam. Hindarilah berganti-ganti mushaf saat menghafal, karena itu akan menjadikan kita tambah bingung.
Sebaliknya, jika yang digunakan hanyalah satu mushaf saja, maka kita akan mendapatkan ‘kekuatan lain’, yakni lebih mudah untuk mengingat tulisan atau halaman.

5. Menghafal Lambat Tapi Pasti
Yang terpenting adalah kualitas, bukan sebaliknya. Jangan tergesa-gesa mentarget sekian-sekian dalam waktu sekian, sesuaikanlah dengan kemampuan yang kita miliki. Dan jangan melanjutkan ke hafalan berikutnya, sebelum hafalan yang kemarin betul-betul mantap. Karena menambah hafalan dengan mengabaikan sebelumnya, akan memutuskan semangat.

6. Terikat dengan seorang Guru
Yang terpenting dalam menghafal Al Quran adalah adanya keterikatan dengan seorang guru hafidz, karena pengikat pertama dalam menghafal Al Quran adalah bersandar pada talaqqi, sehingga dengan bimbingan seorang guru para calon hafidz dapat terarahkan dengan sempurna dalam menyelesaikan hafalanya. Begitu juga, sang guru akan selalu membimbing dan memotivasi muridnya di saat si murid mengalami kejenuhan.

7. Kembali kepada Allah dengan memperbanyak dzikir dan meminta pertolongan dariNya.
Dengan perbuatan ini, semua yang kita citakan akan sempurna. Selalu kembali kepada Allah baik senang, susah, luang maupun sempit. Karena hanyalah allah yang mampu mewujudkan impian kita untuk menjadi seorang hafidz.

II. METODE MENGHAFAL AL QURAN
Menghafal adalah proses mengulang sesuatu, baik dengan membaca atau mendengar. Pekerjaan apapun jika sering di ulang, pasti menjadi hafal. Tak heran jika kita lihat sebagian masyarakat Indonesia, rata-rata hafal surat yasin dan Al Mulk. Burung kakak tua pun mampu menghafal susunan kata, karena sering mendengar kata-kata tersebut. Kalau burung saja dapat menghafal sejumlah kata, apalagi manusia. Jika rajin, dengan izin Allah, ia lebih mampu dari pada burung kakak Tua. Anak kecil kadang mampu mengucap dengan persis iklan yang biasa di dengar di radio atau di tv.
Oleh karena itu, siapapun dapat menghafal Al Qur`an. Anak-anak, remaja, bahkan orang tua, asal mau, ia akan hafal sebagian atau seluruh Al Qur`an. Sahabat Rasululloh, rata-rata mengenal Al Qur’an ketika usia dewasa. Ini berarti umur bukan penghalang pertama dalam menghafal Al Qur`an
Penghalang utama menghafal Al Qur`an adalah malas, tidak ada kemauan, hilang akal dan mati hati. Jika penyakit-penyakit di atas lenyap, insya Allah Al Qur`an muda di hafal. Sedang banyak atau sedikitnya hafalan tergantung azam yang dimiliki.
Namun, tiap manusia kemampuannya berbeda dalam mengingat seseatu yang di ulang-ulang. Sebagian hafal dengan pengulangan lima kali, sebagian lain hafal kalau diulang 20 kali bahkan 30 kali.
Dengan memahami teknik menghafal Al Qur`an yang efektif, insya Allah, kekurangan-kekurangan yang ada depat diatasi. Ada beberapa teknik menghafal Al Qur`an yang sering dilakukan oleh para penghafal, diantaranya:
1. Memahami Ayat-ayat yang Akan Dihafal
Ayat-ayat yang akan dihafal difahami terlebih dahulu artinya. Ukurlah kukuatan menghafal anda, kemudian tentukan berapa halaman kemampuan otak anda mengingat, jika dua halaman misalnya dalam satu jam maka pahami dua halaman ayat-ayat tersebut dengan baik maksudnya, hingga terbayang semua ketika anda membacanya.
Setelah faham, cobalah baca berkali-kali sampai anda dapat mengingatnya. Dan jangan lupa ketika anda mengulang-ulang otak anda ikut mengingat maksud tiap ayat yang anda baca, insya Allah anda akan memperoleh hafalan lebih cepat.
Sekarang cobalah baca ayat-ayat yang telah anda hafal dengan menutup mushaf, ulangi berkali kali hingga tidak terjadi kesalahan sedikitpun. Namun, jangan cepat puas dengan hafalan anda, sebelum teruji dengan baik jika anda tetap lancar membacanya tanpa melihat mushaf, jika anda mendapatkan kesalahan dan lupa beberapa ayat, ulangi terus hinga bebas dari kesalahan. Tahapan-tahapan ini perlu dilakukan agar saat setor pada guru pembimbing anda dapat melakukanya dengan lancar. Kelancaran ketika menyetorkan hafalan merupakan kepuasan dan kebahagian tersendiri bagi orang yang sedang menghafal, sebaliknya, ketidak lancaran saat dan seringnya mendapat teguran dari guru pembimbing suatu hal yang sangat menyedihkan bagi para penghafal Al Quran. Oleh karena itu, usahakanlah menyetor hafalan dalam kondisi prima. Karena hal ini akan menambah semangat untuk melanjutkan hafalan berikutnya, sebaliknya, hafalan yang kurang lancar dapat mematahkan semangat menghafal.

Mengulang-ulang Sebelum Menghafal
Cara ini lebih santai tanpa harus mencurakan seluruh pikiran. Sebelum menghafal, bacalah ayat-ayat yang akan dihafal berkali-kali. Bacalah ayat-ayat yang akan di baca sebanyak-banyaknya, misalkan 35 kali pengulangan, setelah itu baru mulai menmghafal. Dengan cara ini anda akan merasakan kemudahan dalam merekam ayat-ayat tersebut, namun cara ini memerlukan kesabaran penuh karena memakan waktu yang cukup banyak. Suara anda akan banyak terkuras, namun jangan khawatir, karena Allah menciptakan pita suara dengan kuat, semakin sering dipakai bersuara semakin tidak mudah serak. Karena itu jangan kaget, jika ketika anda mulai menghafal suara cepat serak. Itu hanyalah efek dari sura yang tadinya jarang dikeluarkan kemudian secara mendadak banyak dikeluarkan, yakinlah bahwa suara anda kuat tidak mudah serak walaupun berjam-jam bersuara, anda bisa buktikan suara penghafal Al Quran disekitar anda rata-rata mereka memiliki suara yang kuat tidak mudah serak.

Mendengarkan Sebelum Menghafal
Sebagian penghafal ada yang cocok dengan cara ini karena tidak memerlukan suara yang serius sehinga membuat pikiran cepat tegang. Penghafal hanya hanya memerlukan keseriusan mendengar ayat ayat yang akan dihafal. Ayat ayat yang akan dihafal dapat di dengar melalui kaset-kaset tilawah Al Qur`an yang sudah diakui keabsahanya, dan mendengarkanya harus dilakukan berulang-ulang. Bagi yang punya MP3, walkman, dll. Cara ini sangat cocok digunakan saat santai, duduk-duduk sambil mendengarkan ayat-ayat yang akan dihafal.
Setelah banyak mendengar, anda dapat memulai menghafal ayat-ayat tersebut, anda akan mendapatkan kemudahan tersendiri ketika menghafalnya.

4. Menulis Sebelum Menghafal
Sebagian penghafal Al Qur`an, ada yang cocok dengan menulis ayat-ayat yang akan dihafal. Cara ini sebenarnya sudah sering dilakukan para ulama’ zaman dahulu, setiap ilmu yang akan mereka hafal, mereka tulis terlebih dahulu.

Beberapa Metode Untuk Menjaga Hafalan
1. Carilah Seseorang yang dhabith (kuat hafalanya) serta telah mendapatkan ijazah/ sanad sampai Rasulullah untuk mendengarkan hafalan anda kepadanya dengan tajwid dan tartil dari awal sampai akhir.
2. Hendaklah sesering mungkin untuk mengulang, terutama pertama kali setelah hafal Al Quran.
3. Pergunakan qiyamullail untuk muraja’ah hafalan
4. Jangan pernah lepas dari membawa mushaf saku, kemanapun anda pergi kecuali ditempat yang diharamkan membawanya seperti kamar mandi dll.
5. Manfaatkan seluruh waktu luang anda dengan muraja’ah hafalan. Karena anda mempunyai tanggung jawab yang sangat besar setelah Allah mengaruniakan kepada anda hafalan Al Quran.

Selamat Berjuang!

0 komentar:

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP