08 Juni 2009

Enjoy Al Qur'an

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Menikmati Al Qur'an? Gimana caranya? Apa sih nikmatnya Al Qur'an? Mbacanya aja susah, belum lagi gak tahu artinya, gimana mau menikmati!?

Kok saya merasa Al Qur'an itu nggak dekat dengan kita ya?! Membicarkan hal-hal yang nggak berhubungan dengan kehidupan kita. Betul begitu ya?

Al Qur'an itu kan buat yang di masjid dan pesantren! Kalo buat kita-kita ya mbaca koran dan buku-buku ilmu pengetahuan aja, biar nggak ketinggalan jaman.

Baca Al Qur'an?! Nanti aja ah, untuk mengisi hari tua!

Sebagian dari kita mungkin merasa bahwa Al Qur'an itu begitu jauh dari kita. Mungkin kita merasa asing dengan Al Qur'an karena menggunakan bahasa dan huruf yang berbeda dengan bahasa dan huruf yang biasa kita gunakan, belum lagi memahami tafsir Al Qur'an yang bukunya tebal berjilid-jilid. Mendengarkan tafsir Al Qur'an pun kita merasa begitu menjenuhkan. Dan akhirnya Al Qur'an pun jauh dari kehidupan masyarakat.

Takmir Masjid Sholahuddin bersama Ustadz Sholahuddin Al Hafizh, SQ mencoba menghadirkan dakwah Al Qur'an yang lebih memikat untuk dilihat, lebih segar untuk di dengar dan lebih dekat dengan umat. Untuk itu Takmir Masjid Sholahuddin me-launching produk dakwah Al Qur'an dengan brand “Enjoy Al Qur'an” dan dengan tagline pertama yang kami munculkan adalah “Don't Worry, Be Qur'ani”. Enjoy Al Qur'an dapat kita nikmati melalui 2 cara, yaitu yang pertama dengan menikmati secara langsung setiap hari Selasa, selepas sholat 'asar di Masjid Sholahuddin Kanwil Ditjen Pajak D.I. Yogyakarta dan yang kedua menikmati melalui dunia maya dengan membuka internet di alamat http://enjoyalquran.blogspot.com

Enjoy Al Qur'an setiap selasa, setiap pekannya memberikan cara penyajian yang berbeda bagi kita untuk menikmati Al Qur'an. Setiap pekannya akan dibagi sbb:
Pekan I : Al Qur'an Today
Pekan II : Tafsir Al Qur'an By Request
Pekan III : Anda Bertanya, Al Qur'an Menjawab
Pekan IV : Seruan Al Qur'an

1. AL QUR'AN TODAY: “Melihat Lebih Dalam Dengan Al Qur'an”

Setiap hari kita memperoleh berita atau informasi berbagai kejadian terkini dari media masa. Kita sadari atau tidak media masa dengan pemberitaanya telah membentuk opini pada diri kita dan masyarakat luas sehingga media masa mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap masyarakat. Media massa dan masyarakat pada umumnya memberitakan dan menerima berita menggunakan kacamata yang jauh dari nilai-nilai spiritual sehingga yang tercipta adalah pemberitaan media masa yang kering dari spritualitas dan masyarakat yang menerima pemberitaan akan membentuk opini yang kering dari nilai-nilai spiritual. Kita umat islam menyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah kehendak dari Allah Yang Maha Kuasa tapi kita sering kali lupa mengaitkan segala peristiwa yang terjadi dengan adanya kehendak Allah yang mutlak disitu. Disini, di Al Qur'an Today, Ustadz Sholihuddin Al Hafizh, SQ akan mengupas peristiwa terkini yang terjadi di dunia ini dengan kacamata spiritual, yaitu dengan menggunakan kitab suci Al Qur'an sebagai rujukan.

2. TAFSIR AL QUR'AN BY REQUEST: “Cara Baru Menikmati Tafsir Al Qur'an”

Seringkali kita ketika sehabis mendengar atau membaca terjemah suatu ayat Al Qur'an kita mengernyitkan dahi karena tidak mengetahui apa maksud dari ayat tersebut ataupun penasaran atas maksud dari ayat tersebut. Disini, di Tafsir Al Qur'an By Request kita bisa mencari jawaban atas keingintahuan kita atas tafsir ayat Al Qur'an. Kita dapat langsung me-request tafsir ayat Al Qur'an dengan cara mengirimkan SMS request ke nomor 02746666510.
Format SMS request: request tafsir nama_surat:nomor_ayat, nama_anda, alamat, alamat_email.
Contoh: Request tafsir Al Baqoroh:218, Agus, Condong Catur-Sleman, agus@yahoo.com
Catatan: Khusus pegawai Ditjen Pajak untuk alamat diisi nama unit kerja.
Request yang masuk akan dijawab oleh Ustadz Sholihuddin Al Hafizh, SQ melalui 4 cara, yaitu:
1. Secara langsung pada Tafsir Al Qur'an By Request.
2. Melalui Buletin Sholahuddin yang terbit setiap Jumat.
3. Melalui internet, dengan membuka blog Enjoy Al Qur'an di http://enjoyalquran.blogspot.com
4. Melalui email.
InsyaAllah Ustadz Sholihuddin Al Hafizh, SQ akan menjawab setiap request yang masuk.

3. ANDA BERTANYA AL QUR'AN MENJAWAB

Dalam kehidupan ini seringkali kita mendapati persoalan-persoalan yang memerlukan jawaban ataupun solusi yang memuaskan. Punya masalah di keluarga, di masyarakat, di kantor ataupun masalah lainya. Ketika tak bisa menyelesaikan sendiri, ada yang mencoba mencari solusi dengan bertanya ke tempat atau pihak yang sebetulnya malah menyesatkan, bertanya pada dukun misalnya. Kita umat Islam mempunyai kitab yang luar biasa, yang mampu memberi jawaban atas segala macam permasalahan. Di Anda Bertanya Al Qur'an Menjawab, kita dapat mencari solusi atas permasalahan yang kita hadapi. Kita dapat mengajukan pertanyaan tertulis melalui 2 cara, yaitu:

1. Mengirimkan pertanyaan ke alamat email: enjoyalquran@gmail.com dengan subject diawali dengan: [ENJOY AL QUR'AN].
2. Menulis pada form pertanyaan yang telah disediakan di Masjid Sholahuddin dan memasukanya ke kotak yang telah disediakan.
Format pertanyaan sbb:
Pertanyaan : ………….
Nama : ………….
Alamat : ………….
Alamat email : ………….
Identitas : Rahasia/Tidak Rahasia *
*) Coret yang tidak perlu
Pertanyaan akan dijawab oleh Ustadz Sholihuddin Al Hafizh, SQ melalui 4 cara seperti menjawab Tafsir Al Qur'an By Request diatas. Anda dapat memilih identitas anda untuk tidak dipublikasikan ketika pemberian jawaban. InsyaAllah Ustadz Sholihuddin Al Hafizh, SQ akan menjawab setiap pertanyaan yang masuk.

4. SERUAN AL QUR'AN

Kitab suci Al Qur'an adalah kitab suci umat Islam. Kitab yang memberi pentujuk kepada umat Islam untuk menjalani kehidupan ini. Di dalamnya berisi rambu-rambu berupa perintah dan larangan dari Allah kepada umat Islam. Bila kita mematuhi rambu-rambu Al Qur'an tadi maka insyaAllah kita akan selamat di dunia dan akhirat. Tapi banyak diantara kita kurang mengetahui apa saja yang diperintahkan dan apa saja dilarang untuk kita lakukan. Di Seruan Al Qur'an, Ustadz Sholihuddin Al Hafizh, SQ akan menyampaikan apa saja yang diperintahkan dan dilarang oleh Allah yang tercantum dalam Al Qur'an.

Itulah 4 menu persembahan kami bagi anda para penikmat Al Qur'an. Kami harapkan program Enjoy Al Qur'an ini bisa menghantarkan kita sebagai insan yang mencintai dan mengamalkan Al Qur'an. Kritik dan saran dari anda sekalian sangat kami harapkan guna semakin baiknya program Enjoy Al Qur'an ini. Enjoy Al Qur'an, Don't Worry Be Qur'ani.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

JAMS Production
"Dakwah Kita... Beda"

0 komentar:

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP